Flash Player Bakal Tidak Ada Lagi

Steve Jobs

Dalam sebuah langkah pertama dilaporkan oleh ZDNet, Adobe telah mengatakan kepada pengembang yang tidak lagi berencana untuk mengembangkan versi Flash Player masa depan untuk browser mobile.

Ini merupakan pergeseran besar untuk Web secara keseluruhan, yang telah menggunakan Adobe bebas standar untuk video dan desain Web.

Jobs, CEO Apple lama yang meninggal bulan lalu setelah pertempuran dengan kanker, sudah lama mencerca terhadap Flash. Perangkat mobile Apple, termasuk iPhone dan iPad, tidak menjalankan konten Flash.

Argumen Jobs adalah bahwa Flash adalah prosesor-dan baterai-memonopoli standar yang menyebabkan perangkat kepada berkinerja buruk.

Jobs berharap untuk proliferasi standar HTML5, yang melakukan fungsi yang sama namun dapat beroperasi di seluruh platform.

Selama masa Jobs, Apple menghentikan pengiriman Adobe Flash Player pada komputer, sebuah langkah perusahaan mengatakan adalah untuk memastikan bahwa pengguna selalu memiliki versi terbaru. Banyak melihatnya sebagai permainan kekuasaan dari Apple, meskipun, yang tampaknya berharap Flash yang akan menjadi standar mati.

John Nack, seorang manajer produk utama di Adobe, menulis pada Adobe-host blog-nya bahwa pengamat industri tidak boleh membaca terlalu jauh ke dalam langkah Adobe.

"Adobe mengatakan bahwa Flash di ponsel bukanlah jalan terbaik ke depan (tidak sama dengan) Adobe mengakui bahwa Flash di ponsel (atau di tempat lain) adalah teknologi buruk," tulisnya. "Kualitasnya tidak relevan jika itu tidak diperbolehkan untuk menjalankan, dan jika itu tidak diperbolehkan untuk dijalankan, maka Adobe akan harus menemukan cara yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan."

Adobe juga menghadapi kerentanan meningkat dalam standar Adobe Flash yang terkena oleh hacker.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More