BMKG: Gempa Aceh Tidak Akan menimbulkan Tsunami


Lhoksumawe: Gempa bumi berkekuatan 8,9 SR yang mengguncang Aceh sekitar pukul 15.30 dan gempa-gempa susulannya membuat panik masyarakat. Namun, gempa ini tidak akan menyebabkan tsunami besar seperti yang terjadi pada 2004 silam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, Rabu (11/4), bahwa gempa itu tidak akan membuat bencana dahsyat seperti 2004 silam. Hal itu karena pusat gempa berada di daerah yang cukup aman, tidak persis pada pertemuan dua lempengan.

Menurut Riyadi, salah seorang staf analisa BMKG mengatakan, pusat gempa berada di Pulau Simeulue, cukup jauh dari pertemuan dua lempengan. Kabar adanya potensi tsunami memang benar, tapi tidak besar. Gempa ini hanya menimbulkan tsunami kecil.

Kekuatan gempa awalnya 8,9 skala Richter. Kemudian, gempa susulan kedua 8,7 SR hingga 8,5 SR. Meski kekuatan gempa cukup besar, kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah karena pusat gempa di wilayah cukup aman.

Hingga kini, gempa susulan lainnya masih terjadi, namun tidak terlalu besar. Menurut prakiraan BMKG, gempa susulan akan terus terjadi hingga beberapa minggu sampai keadaan stabil kembali.


Saling Ber-Bagi

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More